8 Tips Lancar Berbahasa Inggris

Kemampuan bahasa berkembang dari latihan terus menerus dan konsiten. Kemampuan bahasa tidak hanya bisa didapat dari bangku pendidikan formal saja, kamu juga bisa melatihnya secara otodidak juga lho.

Coba ingat-ingat bagaimana kamu bisa fasih bahasa Indonesia ! bahasa itu bukan belajar tetapi membiasakan. di bawah ini ada delapan tips untuk kamu semakin terbiasa dengan bahasa Inggris. Yuk Simak.

8 Tips Lancar Berbahasa Inggris

  1. Buka Pikiran

    Buang jauh-jauh pikiran tentang bahasa inggris itu sulit, atau bisa dipelajari esok, lusa. Yang kamu harus lakukan adalah berfikir bahwa bahasa Inggris itu hal yang penting, apalagi di era global ini.

    Buka pikiran bahwa bahasa Inggris itu bisa dipelajari dengan berbagai macam cara. Kamu bisa berkreasi sendiri dengan metode belajar bahasa Inggrismu.

  2. Biasakan Bahasa Inggris

    Kamu tidak harus menunggu jam pelajaran bahasa Inggris untuk belajar. Justru kamu harus sesering mungkin menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa melai dengan membisakan mendengarkan musik berbahasa Inggris , atau membiasakan diri menonton film berbahasa Inggris tapa melihat subtitle.

    Cara lain membiasakannya adalah dengan bergabung dan aktif dalam forum-forum di dunia maya yang berbahasa Inggris. Kamu bisa bergabung dengan forum minat misal fotografi di dunia maya, sambil menyelam minum air. Kamu tentu bisa membiasakan bahasa Inggris saat becakap dengan atau sanak saudara. yang terpenting sering dengar dan sering digunakan.

  3. Percaya diri

    Untuk membiasakan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris kamu harus ”pede“. Jangan malu atau takut salah. Nanti kelamaan percaya dirimu juga akan terbangun dan tentunya kemampuan bahasa Inggrismu akan meningkat.

  4. Pasang perangkap

    Kamu pasti sering dan punya banyak unek-unek dalam otakmu. Contoh yang paling sederhana adalah saat kamu melihat sesuatu yang janggal maka kamu akan berfikir ”apa itu ya?“. Nah mulai sekarang gunakan bahasa Inggrismu ”what is that?“, ga perlu takut di tertawakan orang atau salah, selain itu kamu bebas berekspresi, dan tentunya kamu akan mulai terbiasa.

    Nah kalau sudah terbiasa nanti otak juga akan kena perangkap, kamu bisa secara tidak sadar menggunakan bahasa Inggris.

  5. Siapkan kata untuk hari ini

    Kamu siapkan kata yang sulit kamu ingat. Tulis dan letakan di tempat-tempat yang sering kamu kunjungi seperti kamar mandi, dapur dan tempat lainnya. Kalau sering melihat dijamin bakal teringat sepanjang waktu.

  6. Aksen?

    Tidak usah pusing tentang aksen. Yang terpenting adalah kamu bisa berkomunikasi, bisa mendengarkan dan lawan bicara mengerti apa yang kamu maksud. Berbahasa Inggris yang baik dan benar bukan meniru.

  7. Cuek

    Sering mendengar orang lain berbahasa Inggris di tempat umum? Tidak usah risih atau justru mengejek, siapa tau mereka sedang melatih berbahasa inggris. Justru kamu perlu menirunya. Kalau bertemu orang yang memandangimu aneh atau malah berkomentar ”cuek saja“.

    Memaksa diri berbicara dalam bahasa Inggris untuk memperlancar kemampuanmu itu bagus. Jadi, tidak perlu pusing dengan anggapan orang lain.

  8. Jadikan prioritas

    Buang jauh pikiran kamu sudah terlalu tua dan tidak perlu untuk belajar atau malahan terlalu muda dan bisa belajat nanti-nanti. Sekarang Informasi, komunikasi dan transportasi sudah sangat canggih kalau kamu tidak menguasai bahasa internasional, mau ketinggalan jaman?

Open chat