25 Tips Berhemat untuk Pelajar

Kehabisan uang saku merupakan salah satu masalah utama sebagian besar pelajar. Tentu saja secara tidak langsung akan mempengaruhi performa belajar. Untuk itu coba simak 25 tips berhemat dan mengelola uang jajan di bawah ini.

25 tips berhemat untuk pelajar

  1. Beli buku bekas atau pinjam buku diperpustakaan

    Buku bagi pelajar ibarat jantung kehidupan. Tapi harga buku relatif mahal lho. Kamu bisa mengakalinya dengan membeli di toko buku bekas atau coba rayu kaka kelas supaya mau menjual atau meminjamkannya padamu. Kalau anggaranmu benar-benar tipis begegaslah ke perpustakaan.

  2. Jual buku-buku yang tidak terpakai

    Kalau kamu punya banyak buku tak terpakai lebih baik kamu jual. Kamu bisa jual ke tukang buku bekas atau ke adik kelas yang membutuhkan.

  3. Mini laptop/ notebook cukup

    Kalau kebutuhanmu tidak memelurkan spesifikasi komputer atau laptop yang wah, alangkah baiknya kamu membeli yang secukupnya. Dijamin bakal banyak uang tersisa yang bisa kamu manfaatkan untuk yang lainnya.

  4. Gunakan kendaraan pribadi

    Akan jauh lebih baik jika kamu berjalan kaki, bersepeda atau menggunakan motor. Pulang-pergi menggunakan kendaraan umum akan memakan banyak biaya. Tapi tidak semua kendaraan pribadi lho. Kalau kamu punya mobil tapi ada motor akan jauh lebih hemat menggunakan motor. Mengingat konsumsi bahan bakar dan biaya parkir mobil yang jauh lebih besar.

  5. Tidur siang

    Tidur siang selain sehat dan dapat menjaga stamina juga bisa menghindarkanmu dari kegiatan yang tidak terlalu penting dan memakan biaya seperti nongkrong.

  6. Hindari ngekos sendiri

    Kalau kamu mau berhemat maka hindari ngekos sendirian. Dengan ngekos bersama-sama bisa membuatmu lebih hemat karena akan banyak biaya yang bisa di bagi rata kaya air, listrik dan masak bersama.

  7. Jangan masak buat sendiri

    Masak sendiri sudah banyak dipraktikan anak-anak kos. Namun ada sedikit strategi yang sering terlupa. Besar kemungkinan saat kamu masak untuk dirimu sendiri akan ada lebihnya. Alangkah baiknya kalau kamu patungan dan masak untuk rame-rame. Dijamin bakal ludes.

  8. Cuci baju sendiri

    Jangan manja kalau mau berhemat. Dari pada kamu mebayar untuk biaya jasa cuci baju atau laundry coba luangkan waktu saat hendak madi di sore hari untuk mencuci baju yang hari ini kamu kenakan. Ga bakal menyita banyak waktu dan dijamin bakal menyumbang banyak untuk ketebalan dompetmu.

  9. Mie instan

    Membeli stok mie instan bisa jadi andalan di saat-saat kritis. Contohnya saat kamu kelaparan di malam hari. Daripada mengeluarkan uang ekstra untuk minta dibuatin mie sama mang warkop. Lumayan kan uangnya untuk sarapan pagi hari.

  10. Beli kopi

    Sama seperti mie instan. Mendingan kamu menyeduk teh dan kopi sendiri. Apalagi kalo kamu emang hobi ngopi dan harus bayar pajak restoran buat ke kafe. Di jamin bikin sendiri rasanya ga jauh beda. Dan kalo punya waktu kamu bisa mencoba untuk berkreasi dengan kopi. Siapa tau racikanmu nikmat.

  11. Bawa bekal

    Ini praktik yang sudah sejak dulu dilakukan oleh para pendahulu kita dan terbukti ampuh melawan dompet tipis. Membawa bekal akan mengurangi porsi jajanmu. Dan hasilnya akan sangat memuaskan lho.

  12. Minum air putih

    Minum air putih selain sehat bagi tubuh ternyata sehat buat kantong. Apalagi buat kantong kering J. Usahakan bawa air putih dari rumah atau dari kos. Daripada kamu membeli minuman dengan berbagai rasa yang mengandung bahan kimia. Praktik sederhana ini dijamin bakal buat kamu terkejut di akhir bulan.

  13. Simpan alat mandi di luar kamar mandi

    Praktik sederhana yang bakal buat kamu terkejut akan hasilnya. Berapa botol shampoo yang kamu habiskan dalam sebulan? Dengan menaruhnya di luar kamar mandi membutmu kesulitan menggunakannya setiap saat, biarpun di saat kamu tidak membutuhkannya. Jadi kamu akan menggunakannya hanya di saat kamu benar-benar membutuhkannya. Dan ini sangat efektif untuk berhemat mengingat biaya yang dikeluarkan untuk hal ini cukup lumayan.

  14. Jangan berbelanja saat lapar

    Belanja saat lapar bisa berbahaya. Kamu akan membeli berbagai macam makanan yang pasti tidak akan habis. Dan akhirnya bakalan tidak dimakan dan kadaluarsa.

  15. Bawa uang pas

    Kekampus, kesekolah atau saat pergi untuk membeli sesuatu pastikan kamu jangan bawa uang berlebih. Karena sangat besar kemungkinan berapapun uang yang kamu bawa akan habis. Kamu akan merasa terlalu tenang saat kamu masih mempunyai uang. Dan ini akan membuatmu terus membeli sesuatu bahkan barang yang tidak kamu perlukan.

  16. Bayar tunai jangan pakai debit apalagi kartu kredit

    Membayar tunai membuatmu lebih waspada dan lebih sadar bahwa kamu sedang mengeluarkan uang. Saat membayar dengan kartu debit kamu tidak sepuhnya sadar akan besarnya uang yang kamu keluarkan. Apalagi jika menggunakan kartu kredit. Kamu diberi kemudahan yang belebih untuk mengeluarkan uang. Dan diakhir bulan kamu akan kewalahan melihat tagihan katu kreditmu atau uang di rekeningmu tidak sesuai harapan.

  17. Tunda pembelian 2 kali 24 jam

    Saat kamu ingin membeli sesuatu usahakan untuk menundanya 2x 24 jam. Beri waktu pada logika untuk memikirkan resiko dan keuntungan yang kamu dapat dari pembelian yang akan kamu lakukan.

  18. Hindari beli barang bermerek

    Mau beli celana, beli jam ? Daripada beli barang-barang bermerek yang mahal coba deh cari barang-barang serupa yang jauh lebih murah. Apalagi jika kamu berencana untuk menggunakannya dalam jangka pendek. Dan rentang harganya luamyan buat membeli barang lain.

  19. Riset harga

    Saat mau membeli barang kamu wajib melakukan riset harga. Coba tanya di berbagai toko dan jangan lupa untuk mencari di internet. Jangan gegabah untuk langsung membeli. Jangan ujung-ujungnya kamu menyesal saat tahu teman kamu membeli barang serupa dengan harga yang jauh lebih murah.

  20. Diskon pelajar

    Coba deh cari-cari diskon pelajar. Mulai dari rekening bank khusus pelajar yang biaya administratif-nya lebih rendah, jadi anggota toko buku sampai cari rumah makan yang sedang memberikan diskon untuk pelajar. Kalo kamu rajin nyari dan tidak malas dijamin kamu akan menemui banyak diskon diperuntukan bagi para pelajar.

  21. Kurangi foya-foya

    Hindari foya-foya yang tidak membawa manfaat buatmu. Misalnya jalan-jalan ke mall dan berbelanja ini itu atau selalu menghamburkan uang setiap malam minggu di restoran atau tempat nongkrong yang relatif mahal. Memang terkadang kamu boleh saja mengeluarkan uang untuk menghibur diri dan menyegarkan otak. Namun jangan sampai terlena.

    Kan masih banyak cara bersenang-senang yang murah dan meriah serta bermanfaat. Kamu bisa coba bermain boardgame seperti halma atau monopoli di rumah bersama keluarga teman atau keluargamu. Dijamin ga kalah seru dan tentunya bisa mempererat hubungan diantara kalian.

    Atau kamu bisa bersepeda ria keliling kota. Murah, sehat dan meriah.

  22. Jangan beli alat tulis yang ga perlu

    Ini sering jadi kelemahan para siswa. Setiap tahun ajaran baru atau masuk semester baru pasti kebanyakan dari kalian akan memperbaharui alat tulis. Padahal kalau kamu mau membongkar meja belajarmu pasti banyak alat tulis yang masih bisa kamu gunakan.

    Selain itu kamu mungkin tidak sadar bahwa banyak dari alat tulismu yang sekarang sudah bisa kamu gantikan dengan teknologi. Misalnya saja kertas pengingat tempel (PostIt), yang justru kamu akan lebih mudah jika menggunakan gadget mu. Atau mungkin kamu tidak memerlukan buku sebanyak itu dengan mencatat di laptopmu.

  23. Nongkrong di rumah

    Nongkrong memang jadi kebiasaan banyak pelajar. Coba deh kamu berhitung berapa gelas es teh yang kamu minum saat nongkrong di warung dekat sekolah. Atau berapa banyak gorengan yang kamu lahap. Sekarang perhatikan semua makanan dan minuman yang kamu beli saat nongkrong.

    Tidak usah terkejut saat tahu semua makanan dan minuman tersebut sangat mudah didapatkan atau dibuat di rumah. Ga ada salahnya nongkrong dirumah. Kamu bisa tetap seru-seruan, makan dan minum lebih hemat dan tentunya orang tuamu jadi jauh lebih tenang. Dan kalau orang tuamu tenang dijamin deh omelan bakalan berkurang drastis.

    Apalagi habis nongkrong di rumah terus rame-rame bersihin halaman. Bisa-bisa malahan uangsakumu bertambah.

  24. Dandan kalo perlu

    Hemat bedak, hemat lipstick, hemat minyak rambut, hemat parfum. Kamu kan ke sekolah mau belajar. Kurangi berdandan terlalu ‘wah’. Biasa saja yang penting mandi :).

    Biaya untuk barang-barang kecantikan dan kegantengan lumayan lho kalau kamu bisa mengaturnya.

  25. Skip jalan-jalan

    Berhitung, sudah berapa kali kamu jalan-jalan bulan ini. Sepertinya satu kali sudah cukup deh. Biasanya biaya untuk jalan-jalan sulit untuk di prediksi. Kamu hampir tidak tahu apa yang akan kamu hadapi. Yang paling menyeramkan biasanya adalah harga makanan yang aduhai. Atau kamu bisa saja tergoda membeli barang yang sebetulnya tidak kamu perlukan. Ujung-ujungnya saat kamu sadar isi di dompetmu sudah ludes.

    Coba sibukan dirimu dengan hal lain yang lebih produktif. Atau ganti acara jalan-jalan dengan olahraga di taman. Percayalah sebenarnya terlalu banyak aktifitas lain yang lebih hemat dan menyenangkan.

Open chat