14 Trik dan Tips Belajar Lebih Sukses

Belajar adalah tugas utama pelajar. Tentunya agar menjadi pelajar yang baik kamu harus bisa menambah pengetahuanmu saat belajar. Tapi apakah cara belajarmu sudah cukup efektif? Tidak ada salahnya kamu menyimak 14 tips dan trik di artikel ini agar belajarmu jadi jauh lebih efektif dan efisen.

14 tips belajar efektif

  1. Mood/ Suasana Hati bukan alasan

    Mood/Suasana Hati harus kita kuasai. Mood bukan sesuatu yang kekal, juga tidak datang begitu saja tanpa alasan. Jika ada “reaksi” pasti ada “aksi” yang menstimulusnya. Suasana hati yang buruk bisa disebabkan oleh banyak hal. Bahkan hal-hal kecil yang tidak kita sadari dapat memicu bad mood. Cobalah cari penyebab bad mood itu. Dengan mengetahui penyebabnya maka kamu bisa mencari solusinya.

  2. Buat alasan

    Kalau suasana hati kamu sudah teratasi sekarang saatnya memotivasi diri. Kemampuan tanpa motivasi seperti berjalan di lorong yang gelap. Maka dari itu kamu harus membuat alasan yang kuat mengapa kamu harus belajar, menentukan tujuan yang tepat. Misal susan mau jadi dokter untuk jadi dokter susan harus belajar giat.

  3. Cari tempat

    Cari tempat yang nyaman untuk belajar. Dimanapun terserah kamu, yang terpenting kamu nyaman, tidak beresiko dan tidak merugikan. Hindari belajar di sumber keramaian karena kamu akan mudah dan sering kehilangan fokus.

  4. Nikmati suasana

    Buat suasana belajarmu se-menyenangkan mungkin misal sembari mendengarkan musik.

  5. Istirahat

    Stop. Belajar berlebihan bukan pilihan yang tepat. Kemampuan fisik manusia terbatas, sekeras apapun kamu mencoba jika fisik sudah lelah nyaris percuma kamu melanjutkan belajar, presentase materi yang dapat kamu pelajari akan menurun drastis.

  6. Bertanya

    Malu bertanya sesat di manapun. Coba atasi masalahmu semaksimal mungkin jika memang masih belum bisa maka bukan “jangan malu bertanya”, tapi kamu “harus bertanya”. Terkadang cobalah tanyakan pada teman atau gurumu hal-hal yang justru sudah kamu pahami, jangan menutup kemungkinan bahwa kamu bisa salah. Atau mungkin guru atau temanmu yang salah, jadi bisa saling membantu.

  7. Diskusikan

    Se-penyendiri apapun dirimu cobalah untuk bertukar pikiran. Diskusi bisa dilakukan sambil menunggu angkutan dihalte, sambil berjalan-jalan, tidak melulu haris duduk melingkar seperti konferensi meja bundar.

  8. Pahami

    Pahami, minimalisir yang namanya “menghafal”. Menghafal hanya akan mempertahankan materi untuk waktu singkat. Sedangkan dengan memahami kamu akan menamkan bibit pengetahuan. Menghafal juga memakan waktu, kamu harus membaca atau mengucapkannya berulangkali, berbeda dengan memahami yang relatif lebih ringkas dan cepat.

  9. Tulis

    Usahakan kamu menulis materi yang kamu pelajari baik mencatat saat Guru sedang menjelaskan, presentasi teman, juga mencatat apa yang kamu baca. Alasannya ketika kamu menulis secara tidak sadar kamu pasti akan membacanya. Keuntungan lainnya kamu jadi punya buku catatan yang bisa kamu baca lagi, bukankah lebih menyenangkan membaca tulisan sendiri ketimbang membaca buku pelajaran?

  10. Rangkum

    Kegiatan ini sangat penting. Kenapa? Karena jika anda membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan. Carilah intisari dari pelajaran tersebut. Kalau perlu catat ulang materi-materi yang dianggap penting, sehingga mempermudah dalam mempelajarinya.

  11. Menyebrangi jembatan keledai

    Biar menghafal makin mudah, gunakan “jembatan keledai”. Jembatan keledai adalah istilah yang sering digunakan untuk cara menghafal dengan mengambil sebagian kata atau suku kata yang ingin dihafal lalu digabungkan sehingga menyerupai kata yang sudah ada atau membentuk kata baru. Contohnya yang paling populer dan sering kita dengar yaitu; “MeJiKuHiBiNiU” yang merupakan singkatan dari warna-warna pelangi Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu.

    Kamu bisa bebas mengkreasikan jembatan keledaimu dan Ini sangat efektif digunakan serta meringankan beban otak dengan hafalan-hafalan berat.

  12. Dendangkan

    Prinsipnya hampir sama dengan jembatan keledai bedanya materi kita akan diikat ke dalam nada-nada sehingga otak akan lebih mudah menangkapnya ketimbang dalam bentuk kata atau kalimat acak.

    Cari lagu yang menurutmu paling enak dinyanyikan, tidak perlu satu lagu penuh kamu cukup mengambil bagian yang paling mudah. Kalau sudah ganti liriknya dengan materi pelajaran yang ingin kamu kuasai.

    Kalau kamu berminat di bidang musik, kamu juga bisa membuat lagumu sendiri sekaligus melatih kemampuanmu.

  13. Laksanakan

    Mempraktekan semua materi yang pernah diajarkan oleh guru akan membuat kamu jauh dari kebosanan dan membuat suasana belajar lebih menyenangkan.

    Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu kita bisa membuat sebuah acara belajar jadi lebih asik.

  14. Manfaatkan gadget

    Gadgetmu bisa melakukan hal lain selain mengakses situs jejaring sosial lho. Di era teknologi ini applikasi dan situs pembelajaran juga ikut berkembang dan jumlahnya banyak bukan main. Bukan cuma sekedar membaca artikel kamu bisa belajar sambil main game, simulasi kuis yang seru, menonton video percobaan-percobaan ilmiah, atau mengakses materi pelajaran yang dibuat khusus agar lebih menyenangkan.

Open chat