Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masalah Belajar

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masalah Belajar

Ditinjau dari Asalnya

Faktor yang mempengaruhi masalah belajar ditinjau dari asalnya dapat di kelompokan kedalam dua jenis yaitu faktor Intern dan faktor ekstern

Faktor Intern

Faktor intern adalah keadaan yang muncul dari dalam diri individu pelajar itu sendiri baik yang psikologis maupun bersifat material atau fisik. Termasuk didalamnya  sindrom-sindrom seperti Disleksia yakni ketidakmampuan belajar membaca, Disgrafia yakni ketidakmampuan belajar menulis, Diskalkulia yakni ketidakmampuan belajar matematika.

  1. Yang bersifat kognitif (ranah cipta) antara lain seperti rendahnya kapasitas intelektual/intelegensi siswa.
  2. Yang bersifat afektif (ranah rasa) antara lain seperti labilnya emosi dan sikap.
  3. Yang bersifat psikomotor (ranah karsa) antara lain seperti terganggunya alat-alat indera penglihat dan pendengar (mata dan telingga).

Faktor Ekstern

Kebalikan dari faktor intern faktor eksteren datang dari luar diri individu pelajar itu sendiri, meliputi kondisi dan situasi lingkungan sekitar.

  1. lingkungan keluarga. meliputi keharmonisan keluarga hingga keadaan ekonomi keluarga. juga tingkat dan kesadaran akan pendidikan anggota keluarga.
  2. lingkungan sosial. kegiatan sosialisasi yang menyimpang dapat mempengaruhi kegitan belajar seperti misal lingungan kumuh, tingkat kriminalisme, ataupun tradisi-tradisi tertentu yang dapat mempengaruhi kegiatan belajar itu sendiri.

 

 

 


Have your say

Open chat