Tujuan Bukan Untuk Mudah di Capai

Tujuan Bukan Untuk Mudah di Capai

 

Pilih tujuan bukan karena mudah mencapainya

Otak kita haus akan penghargaan, sehingga kita sangat sering membuat banyak tujuan-tujuan sederhana yang mudah dicapai. Aku akan membersihkan kamar, sepulang sekolah harus mampir ke toko buku membeli buku catatan. Tentu saja terasa sangat mudah mencapainya. Membuat tujuan-tujuan ringan yang mudah dicapai memang dapat memanjakan otak sekaligus menjaga otak tetap optimis. Namun maukah kita terperangkap pencapaian-pencapaian kecil yang tidak membawa perubahan signifikan dan akan terlupakan.

Kembangkan diri dengan menargetkan pencapaian yang berarti bagi hidup kita, sesuatu yang besar. Buat target dan tujuan yang benar-benar mengispirasi untuk membuat perubahan. Maka dalamilah tujuan itu, beri sedikit waktu untuk memikirkan dengan baik apa yang kamu inginkan, apa yang ingin kamu alami dalam hidup, sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan.  Lalu tanyakan pada diri sendiri mengapa kamu menginginkannya, tanyakan lebih dari satu kali dan makin dalam. Sebagai contoh kamu ingin berwira usaha, maka tanyakan kepada dirimu kenapa kamu ingin berwira usaha. Misal jawabanmu agar dapat membuka lapangan pekerjaan, tunggu dulu jangan berhenti samapai disitu, tanyakan lagi pada alasan dari tujuanmu, mengapa kamu ingin membuka lapangan pekerjaan. Karena masih banyak orang yang membutuhkannya, dan kamu ingin membantu mereka. Itu masih belum cukup tanyakan sekali lagi mengapa kamu ingin membantu orang lain? Karena hal itu merupakan anjuran agama demi mencapai ketenangan dan kemulian hidup.

Menggali lebih dalam tujuan, membuat alasan kuat mengapa kamu harus mewujudkannya. Usahakan gali secukupnya jangan buang terlalu banyak waktu dan energi untuk memikirkannya, bertindak tetap menjadi prioritas.

 

Fokus pada proses bukan hasil

Sangatlah mudah menargetkan sesuatu dan membayangkan keberhasilannya, namun kita tidak bisa mengontrol hasil akhirnya, atau mungkin tidak akan membuatnya menjadi nyata jika tidak melangkah kearahnya.

Orang sering berpikir mereka harus melakukan perubahan besar-besaran, namun tindakan kecil justru menjadi kunci sebuah perubahan yang lebih besar. Selalu tanyakan dirimu langkah paling kecil apa yang bisa kau lakukan hari ini untuk mendekatkan diri dengan garis akhir. Hari ini aku akan membereskan kamar supaya belajar jadi nyaman, dengan begitu aku bisa fokus menghadapi Ujian Nasional. Esoknya lakukan hal yang sama, hari ini aku bisa membuat catatan kecil tentang unsur-unsur kimia agar bisa dibawa kemanapun. Terus lakukan secara konsisten

Kamu bisa lakukan langkah paling sederhana untuk berkontribusi pada target besarmu tanpa harus mengerti bagai mana kamu akan mencapai garis akhir. Jika kamu membuat perubahan walau kecil namun setiap hari, sudah pasti kamu akan mencapai tujuanmu.

Kemas Dengan Positif

Fokuskan pada apa yang ingin kamu hadirkan dalam hidup, bukan apa yang ingin kamu hindari. Aku ingin bugar dan sehat, buang jauh-jauh pikiran bahwa kamu tidak ingin sakit-sakitan. Jaga otak dan pikiran untuk memikirkan hal-hal positif.

 


Have your say

Telp
WA / Call /SMS
Open chat