Cermat Memilih Pekerjaan Sambilan Mahasiswa

Cermat Memilih Pekerjaan Sambilan Mahasiswa

Banyaknya kebutuhan seperti membayar uang sewa kos, kebutuhan primer, buku pelajaran, alat tulis, fotocopy, biaya komunikasi dan internet, trasportasi, berbagi macam biaya tidak terduga belum termasuk biaya rekreasi untuk menyegarkan pikiran, terkadang tidak dapat dipenuhi hanya dengan mengandalkan uang saku dari orang tua.

Untuk mencukupi kebutuhan yang belum terpenuhi ini mahasiswa dituntut mencari pemasukan tambahan.Banyak yang bisa dilakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan seperti wira usaha atau sekedar jadi guru privat. Namun dalam mencari pemasukan tambahan mahasiswa harus memperhatikan beberapa aspek.

 

  1. Tidak mengganggu kuliah itu sendiri baik jadwal maupun segala macam kegiatan guna mendukung proses study seperti tugas dan jadwal belajar. Termasuk menjaga kesehatan, jangan sampai pekerjaan sambilan terlalu banyak menguras tenaga. Atur jadwal sesuai skala prioritas.
  2. Jangan melangga hukum baik hukum perdata, hukum pidana hukum sosial,hukum adat, maupun hukum agama.
  3. Lebih realistis.Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Anda kehendaki, lalu pelajari. Bila Anda tak dapat menemukan, entah Anda yang luar biasa jenius, atau model bisnis Anda tidak bakal berhasil di dunia nyata. Juga ketika mengarap gaji besar jika tidak dapat entah anda ditipu atau anda terlalu pandai hingga dapat mendeteksi tipuan. Intinya sadari sampai mana kemampuan diri lalu maksimalkan itu. Jangan ambil resiko yang berlebihan kalau iman belum kuat.
  4. Cari yang sesuai dengan minat. Hal ini menjadikan pekerjaan sambilan terasa menyenangkan sekaligus mengasah kemampuan.
  5. Jika tidak menemukan yang sesuai dengan minat atau belum tau berminat di bidang apa tidak ada salahnya mencoba hal baru.
  6. Jangan merugi, perhitungkan pengeluaran atau modal yang dikeluarkan jangan sampai melebihi pendapatan. Jika hal itu tidak terhindarkan jangan putus asa.
  7. Hitung pengeluaran dan dimana letak kekurangan, dehingga bisa merencanakan tindakan selanjutnya.
  8. Berhemat walau sama sekali tidak mempengaruhi pemasukan yang akan masuk namu bisa mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak efektif dan bisa dialokasikan untuk hal lain.

Akhir kata jangan menyerah, banting tulang, gigit tulang biar tak bedaging dan lemak sumsum tulang lumayan enak.

Salam BigBang We Have Taste

Masih bingung mencari tambahan uang saku bergabung bersama Bigbang hubungi kami di Kontak


Have your say

Telp
WA / Call /SMS
Open chat