Fungsi Les Privat

Fungsi Les Privat

les privat memiliki beberapa fungi sebagai berikut :

Preservatif

Les privat dapat memelihara dan membina suasana dan situasi yang baik dan tetap diusahakan terus bagi lancarnya belajar mengajar. Seperti kata pepatah setajam apapun pisau akan tumpul jua bila tidak diasah, Les privat dapat menjaga konsistensi kegiatan belajar.

Preventif

Mencegah sebelum terjadi masalah. Les privat mencegah ketertinggalan materi pelajaran sekolah atau pun mencegah kesalahpahaman pelajar dalam memahami materi dengan menyajikan sudut pandang yang berbeda atau pun menguatkan sudut pandang  yang sudah terbina.

Kuratif

Mengusahakan pembentukan dalam mengatasi masalah. Les privat dapat menjadi sarana mengejar ketertinggalan materi pelajaran serta membentuk ulang pemahaman yang kabur dengan kegiatan belajar intensif diluar jam pelajaran sekolah yang harus tetap berjalan.

Rehabilitasi

Mengadakan tindak lanjut secara penempatan sesudah diadakan treatmen yang memadai. (Abu Ahmadi dan Widodo Supriono, 2004: 117).

Les privat mampu membantu menempatkan pelajar kembali ke arus kegiatan belajar dengan pendekatan yang lebih personal dan intensif serta kontinyu. Selain itu fleksibilitas Les privat mampu menyesuaikan dengan karakter pelajar sehingga lebih mudah diterima oleh diri pelajar itu sendiri.


Have your say