5 Hal yang Membuatmu Kesulitan dalam Belajar dan Cara Mengatasinya

Kamu sering merasa sudah berusaha maksimal namun hasilnya kurang memuaskan. Atau merasa sangat berat ketika tiba waktunya belajar. Bisa jadi ada beberapa hal di dalam diri kamu yang membuatmu kesulitan dalam belajar. Coba deh tengok 5 hal yang membuatmu kesulitan dalam belajar dan tentu saja sedikit solusi dan cara mengatasinya.

  1. Tidak Percaya Diri

    Berfikir bahwa kamu tidak mampu adalah halangan terbesar buatmu untuk belajar. Berfikir untuk apa mencoba bila akhirnya gagal. Berfikir positif, buang jauh-jauh pikirian negatif.

    Katakan pada diri sendiri “aku mampu” atau coba cari kemampuanmu dan kaitkan ” aku hebat dalam sepakbola/kemampuan lain, maka aku juga akan hebat dalam pendidikan”. Dengan menjadi suporter bagi diri sendiri akan terasa lebih mudah untuk tetap fukus

  2. Gelisah

    Menurut penelitian kegelisahan bisa muncul ketika kita belajar untuk ujian-ujian penting seperti UN dan SBMPTN. Pelajar juga mengalami meningginya angka detak jantung, sakit kepala, bahkan mual ketuka belajar untuk ujian-ujian penting.

    Luangkan waktu untuk menghirup udara dalam-dalam dan santai, ini bisa membuatmu lebih rileks. Mendengarkan musik juga dapat mambantumu menghilangkan kegelisahan waktu belajar, terutama musik yang menenangkan.  Jangan terlalu memaksakan diri luangkan waktu untuk sedikit menyegarkan otak. Bersiap dari jauh-jauh hari agar  materi bisa cicil dengan durasi sesi belajar dapat dikurangi.

  3. Takut

    Takut gagal, takut akan konsekuensi yang diterima kalau kita gagal berprestasi.  Ketakutan bisa membuat fokus belaja kita benar-benar lenyap.

    Lari, loncat dan lompat solusinya. Ketakutan biasanya diakibatkan dari jantuk yang berdegup dan kadar adrenalin meningkat. Maka gunakan adrenalin itu dengan baik, lari-lari kecil juga lumayan membantu. Endorfin akan mendorongnya dan mengubah rasa takut menjadi sesuatu yang lebih positif.

  4. Marah

    Marah merupakan emosi yang dapat mengacaukan hampir semuanya. Ini menghacurkan perhatianmu.

    Tuliskan apa yang mengganggumu. Melihat kemarahanmu pada selembar kertas, saat  harus memilih kata-kata untuk menggambarkan bagaimana perasaanmu, bisa  benar-benar membuatmu tercerahkan. Bisa jadi kemarahanmu tidak berdasar, atau dapat diselesaikan dengan menelepon orang terdekat atau bisa chating dengan teman, kebanyakan orang lebih ekspresif ketika bertukar pesan dibanding berbicara langsung. Bahkan jika tidak bisa, hanya menulis tentang apa yang mendorong kemarahanmu dapat menjadi katarsis, dan kamu dapat kembali fokus belajar.

  5. Ego

    Kelebihan ego dan terlalu percaya diri bisa membuatmu mengabaikan kalau kita bisa membuat kesalahan. Ini bisa jadi serangan balik bagi kamu.

    Bak dihadapkan pada buah simalakama terlalu percaya diri bahaya, kurang percaya diripun berbahaya. Sadari bahwa kita adalah manusia, bagaimanapun kamu menghancurkan kesempatanmu belajar dengan berfikir bahwa kamu telah mengerti semua materi. Sebelum belajar sadari bahwa kamu harus lebih banyak belajar atau coba cari hal yang mungkin kamu belum pahami.

Open chat