“Mangifera Kemanga Blume” Buah yang Kini makin langka

Mangifera Kemanga  blume

Buah Yang Kini Mulai Langka

 

Magifera Kemanga Blum atau memiliki nama lokal kemang (indonesia), buah yang didikaitkan dengan salah satu daerah di Jakarta Selatan yaitu kecamatan Kemang karena pohon ini banyak tumbuh di kawasan ini. Hingga di awal tahu 1950-an pohon kemang masih banyak dijumpai di wilayah Kemang. Namun sekarang pohon kemang sudah sangat sulit dijumpai, atau bahkan beberapa dari Anda samasekali belum pernah melihat atau bahkan tidak tahu menahu mengenai Kemang

Mangif_keman_081228-4960_Fr-Sd_cta

Kemang adalah sejenis mangga dengan aroma harum dan rasa manis sedikit banyak rasa asam, daging buahnya berwarna putih dan biji keras berserat.

Tinggi pohon kemang bisa mencapai 30 meter dan diameter 1,2 meter. Tajuk berbentuk gubah dengan daun-daun panjang menlangsit kebanyakan mengumpul diujung batang. Bunga yang  berwarna ungu pucat memiliki lima kelopak bunga yang harum ketika merekah dengan sedikit menguncup di atas. Buahnya lonjong bulat telur, hijau ketika masih muda kemudian menua dan menjadi coklat keabu-abuan.

Magifera Kemanga Blume merupakan spesies dari keluarga Anacadiaceae  dan marga Mangifera dimana nama marga ini merujuk pada kata mangga atau mango dalam bahasa inggris, yang kemudian diberi akhiran fera dari bahasa yunani.

kemang

Penyebaranya mencakup kalimantan, jawa barat dan semenanjung melayu juga di kawasan pulau bali dan bahkan Thailand. Pohon kemang tumbuh di wilayah tropis hingga di ketinggian 400 meter diatas permukaan laut, meskipun kadang ditenukan di ketingggian 800 meter diatas permukaan  seperti di wilayah bogor jawa barat. Pola penyebaran tanaman ini dapat diduga dengan penyebaran linier yang mengikuti aliran sungai.Buah yang jatuh ke sungai terbawa oleh aliran dan menyangkut dipinggir sungai kemudian tumbuh menjadi tanaman. Penyebaran tanaman ini juga terdapat kesengajaan ditanam dan dibudidayakan.

 

 

Sumber:

  • Agroforestry Database 4.0 (Orwa et al.2009)
  • Germplasm Resources Information Network
  • Syhabuddin Al Tapsi1,*, Ani Kurniawati dan Edi Santosa, KARAKTERISASI TANAMAN KEMANG (Mangifera kemangaBlume.) DI KECAMATAN RANCABUNGUR, KABUPATEN BOGOR
Bgs
logo big bang footer postingq