Bimbingan Belajar

Bimbingan Belajar

Bagi orang tua maupun siswa-siswi pastilah tidak asing dengan istilah “Bimbingan Belajar” . Alangkah baiknya kita pahami dan mengerti apaitu “Bimbingan Belajar” , supaya kedepannya kita dapat melangkah dengan pijakan yang lebih kuat. Terlebih dewasa ini banyak bermunculan lembaga-lembaga “Bimbingan Belajar”  dimana kita baik secara langsung maupun tidak langsung saling berinteraksi. Dengan mehami hal tersebut tentulah menbuat kita merasa nyaman, tenang, dan menambah wawasan serta kesadaran lingkungan sosial.

Pengertian Bimbingan Belajar

Menurut Undang-undang sistem pendidikan Nasional tahun 1989, pendidikan dilaksanakan dalam bentuk bimbingan, pengajaran, dan latihan. Bimbingan atau membimbing memiliki dua makna yaitu bimbingan secara umum yang mempunyai arti sama dengan mendidik atau menanamkan nilai-nilai, membina moral, mengarahkan siswa supaya menjadi orang baik. Sedangkan makna bimbingan yang secara khusus yaitu sebagai suatu upaya atau program membantu mengoptimalkan perkembangan siswa. Bimbingan ini diberikan melalui bantuan pemecahan masalah yang dihadapi, serta dorongan bagi pengembangan potensi-potensi yang dimiliki siswa. ( Nana Syaodih Sukmadinata, 2005: 233)

 

Menurut Rochman Natawidjaja dalam bukunya Syamsu Yusuf (2005: 6) Bimbingan dapat diartikan sebagai suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan supaya individu tersebut dapat memahami dirinya sendiri, sehingga dia sanggup mengarahkan dirinya dan dapat bertindak secara wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat dan kehidupan pada umumnya. Dengan demikian, dia akan dapat menikmati kebahagiaan hidupnya dan dapat memberikan sumbangan yang berarti kepada kehidupan masyarakat pada umumnya. Bimbingan dapat membantu individu mencapai perkembangan diri secara optimal sebagai makhluk sosial.

Bimbingan adalah sebuah proses berkesinambungan, sistematis dan mengarah pada suatu tujuan tertentu

Bimbingan adalah sebuah proses berkesinambungan, sistematis dan mengarah pada suatu tujuan tertentu. Dalam hal ini adalah proses belajar yang sistematis dan mengarah pada tujuan pembelajaran itu sendiri.

Bimbingan adalah proses membantu individu. Membantu berarti tidak ada paksaan baik pihak yang membantu maupun pihak terbantu. Dengan begitu pembimbing mengarahkan ke arah tujuan yang dituju pihak yang membutuhkan bantuan. Dan tentunya dalam term kata membantu tidak ada kewajiban bagi pembimbing untuk memastikan tercapainya tujuan tersebut, namun akan berusaha sekuat tenaga dan kemampuan demi tercapainya tujuan.

Bahwa bantuan diberikan kepada setiap individu yang memerlukannya didalam proses perkembanganya. Hal ini mengandung arti bahwa bimbingan memberikan bantuannya kepada setiap individu, baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua.

Bahwa bantuan yang diberikan melalui pelayanan bimbingan bertujuan agar individu dapat mengembangkan dirinya secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya

“Bimbingan Belajar”

“Bimbingan Belajar” adala sebuah proses berkesinambungan, sistematis, untuk membantu setiap pelajar agar dapat mengembangkan dirinya secara optimal sesuai potensi yang dimilikinya,

Salam Bigbang We Have Taste


Have your say