Waktu Belajar yang Ideal. Siang atau Malam ?

000001_waktu_belajar_yang_ideal_1

Kamu mungkin sering bertanya-tanya “Kapan sih waktu belajar yang paling baik?”. Namun sudah pasti kamu akan mendapat jawaban yang beragam. Ada yang menyarankan belajar dipagi hari, disiang hari, disore hari atau dimalam hari.

Hampir setiap orang pasti punya waktunya masing-masing dan berfikir kalau waktu belajarnya adalah waktu terbaik dan berlaku bagi semua orang.

Namun kenyataannya setiap orang punya caranya masing-masing. Jadi tidak ada kata pasti kapan waktu terbaik untuk belajar. Beberapa orang lebih nyaman belajar disiang hari saat yang lainnya lebih nyaman belajar dimalam, dipagi atau disore hari.

Belajar kapanpun pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika kamu bisa memaksimalkannya sesuai dengan kemampuanmu maka hasilnya pun akan jauh lebih memuaskan.

Yuk tengok berbagai keuntungan belajar disiang dan dimalam hari supaya kamu bisa menyesuaikanya dengan kemampuanmu dan bisa memilih waktu untuk belajar terbaikmu.

Belajar disiang hari

Keuntungan belajar disiang hari

  1. Setelah kamu tidur yang cukup dimalam hari, kamu akan mempunyai cukup energi untuk belajar dan berkonsentrasi.

  2. Pola kehidupan sosial manusia aktif disiang hari dan beristirahat dimalam hari. Jadi dengan mengikuti pola ini kamu akan mendapat banyak keuntungan seperti toko buku atau perpustakaan yang buka disiang hari.

  3. Tentunya kamu akan lebih mudah mengakses bahan belajar. Mulai dari berbagai fasilitas belajar seperti perpustakaan, laboratorium, museum yang buka disiang hari. Kamu juga akan lebih mudah mengamati berbagai hal dengan berbagai layanan pendukung.

  4. Kebanyakan orang juga lebih mudah dihubungi disiang hari daripada dimalam hari. Jadi kamu dapat dengan mudah menghubungi teman untuk belajar bersama atau menghubungi guru untuk membantumu belajar.

  5. Cahaya matahari alami lebih baik untuk mata kamu dibanding cahaya buatan yang bisa membuat mata sakit dan mempengaruhi ritme tidur alami kamu.

Tips belajar disiang hari

  1. Maksimalkan bahan yang ada. Dengan berbagai keuntungan yang kamu dapat sangat disayangkan jika kamu melewatkannya.

  2. Jangan sampai terganggu. Disiang hari kamu akan menemui berbagai hambatan mulai dari suara bising sampai berbagai aktivitas lain yang menggoda.

  3. Perhatikan jadwalmu. Banyaknya kegiatan disiang hari mengharuskanmu mengatur jadwalmu lebih serius.

  4. Cari suasana baru. Disiang hari kamu akan dimudahkan dalam mengakses tempat-tempat alternatif untuk belajar. Kamu bisa belajar sambil mencicipi camilian di cafe, berkunjung ke rumah teman sakalian belajar kelompok atau sekedar duduk santai membaca buku di taman.

Belajar dimalam hari

Keuntungan belajar dimalam hari

  1. Karena lebih sedikit gangguan yang datang dari luar seperti suara kendaraan, aktifitas yang menuntut partisipasimu dan lain-lain. Dimalam hari suasana jauh lebih tenang dan bisa membuatmu lebih fokus belajar tanpa gangguan.

  2. Malam hari sering diidentikan dengan kreatifitas tak heran jika banyak seniman yang mengaku berkarya dimalam hari. Suasana yang berbanding terbalik dengan siang hari akan memberikanmu sudut pandang baru di berbagai hal.

  3. Karena saat kamu tidur otak memproses data yang kamu dapat saat kamu terbangun. Belajar dimalam hari sebelum tidur memperbesar kemungkinan materi akan tersimpan dalam memori otak saat kamu tidur. Dibandingkan diwaktu yang lain saat materi yang kamu pelajari tertumpuk informasi-informasi lainnya.

Tips belajar dimalam hari

  1. Belajar dimalam hari bukan berarti kamu mengurangi waktu tidurmu. Pastikan kamu tidur cukup. Memaksakan dirimu terlalu keras bisa jadi “Senjata makan tuan” bagi dirimu sendiri.

  2. Jaga kesehatan. Tubuh manusia sudah beradaptasi untuk aktif disiang hari jadi tubuhmu tidak terlalu sesuai untuk aktif dimalam hari. Jadi pastikan kamu menjaga baik-baik kesehatanmu. Persiapkan jaket atau penghangat juga suplemen, vitamin, dan minuman hangat.

  3. Pastikan tidak mengganggu kegiatan disiang hari. Jika kamu belajar sampai larut malam dan bangun kesiangan atau menjadi terlalu mengantuk mengikuti pelajaran di sekolah tentu sangat disayangkan. Pastikan kamu tidur sebelum jam 12 malam. Atau kamu bisa tidur terlebih dahulu dan bangun diantara jam 12 sampai jam 3 malam untuk belajar.

  4. Siapkan kebutuhan. Persiapkan mulai dari makanan, camilan, minuman sampai alat tulis, pulsa internet dan lain-lain. Kamu mungkin akan sangat kesulitan mencari kebutuhan belajarmu dimalam hari. Jadi selalu pastikan semuanya lengkap selagi masih sore dan terjangkau.

  5. Belajar kelompok. Tidak ada salahnya mengundang teman menginap atau menginap di rumah teman untuk belajar bersama dimalam hari. Kamu bisa membuat kelompok belajar dan menginap di tempat anggota kelompok secara bergiliran. Ini bisa jadi alternatif suasana baru.

000001_waktu_belajar_yang_ideal_ifografis

Kamu juga tetap harus memperhatikan faktor-faktor yang datang dari dalam diri kamu dan berpengaruh kegiatan belajarmu. Untuk itu kamu bisa Baca artikel 5 gangguan dari dalam saat belajar dan cara mengatasinya.


Jadi kapan waktu belajar yang merutmu paling cocok untuk kamu? Jangan lupa bagikan pengalaman dan trik mu belajar di waktu terbaikmu !



Have your say