Tips Berhemat Untuk Pelajar #5

BW-07215-ATT-Tips-Berhemat-Untuk-Pelajar-05

Tips Berhemat Untuk Pelajar Part 5

1. Kurangi foya-foya

Hindari foya-foya yang tidak membawa manfaat buatmu. Misalnya jalan-jalan ke mall dan berbelanja ini itu atau selalu menghamburkan uang setiap malam minggu di restoran atau tempat nongkrong yang relatif mahal. Memang terkadang kamu boleh saja mengeluarkan uang untuk menghibur diri dan menyegarkan otak. Namun jangan sampai terlena.

Kan masih banyak cara bersenang-senang yang murah dan meriah serta bermanfaat. Kamu bisa coba bermain boardgame  seperti halma atau monopoli di rumah bersama keluarga teman atau keluargamu. Dijamin ga kalah seru dan tentunya bisa mempererat hubungan diantara kalian.

Atau kamu bisa bersepeda ria keliling kota. Murah, sehat dan meriah.

2. Jangan beli alat tulis yang ga perlu

Ini sering jadi kelemahan para siswa. Setiap tahun ajaran baru atau masuk semester baru pasti kebanyakan dari kalian akan memperbaharui alat tulis. Padahal kalau kamu mau membongkar meja belajarmu pasti banyak alat tulis yang masih bisa kamu gunakan.

Selain itu kamu mungkin tidak sadar bahwa banyak dari alat tulismu yang sekarang sudah bisa kamu gantikan dengan teknologi. Misalnya saja kertas pengingat tempel ( PostIt ), yang justru kamu akan lebih mudah jika menggunakan gadget mu. Atau mungkin kamu tidak memerlukan buku sebanyak itu dengan mencatat di laptopmu.

3. Nongkrong di rumah

Nongkrong memang jadi kebiasaan banyak pelajar. Coba deh kamu berhitung berapa gelas es teh yang kamu minum saat nongkrong di warung dekat sekolah. Atau berapa banyak gorengan yang kamu lahap. Sekarang perhatikan semua makanan dan minuman yang kamu beli saat nongkrong.

Tidak usah terkejut saat tahu semua makanan dan minuman tersebut sangat mudah didapatkan atau dibuat di rumah. Ga ada salahnya nongkrong dirumah. Kamu bisa tetap seru-seruan, makan dan minum lebih hemat dan tentunya orang tuamu jadi jauh lebih tenang. Dan kalau orang tuamu tenang dijamin deh omelan bakalan berkurang drastis.

Apalagi habis nongkrong di rumah terus rame-rame bersihin halaman. Bisa-bisa malahan uangsakumu bertambah.

4. Dandan kalo perlu

Hemat bedak, hemat lipstick, hemat minyak rambut, hemat parfum. Kamu kan ke sekolah mau belajar. Kurangi berdandan terlalu ‘wah’. Biasa saja yang penting mandi :).

Biaya untuk barang-barang kecantikan dan kegantengan lumayan lho kalau kamu bisa mengaturnya.

5. Skip jalan-jalan

Berhitung, sudah berapa kali kamu jalan-jalan bulan ini. Sepertinya satu kali sudah cukup deh. Biasanya biaya untuk jalan-jalan sulit untuk di prediksi. Kamu hampir tidak tahu apa yang akan kamu hadapi. Yang paling menyeramkan biasanya adalah harga makanan yang aduhai. Atau kamu bisa saja tergoda membeli barang yang sebetulnya tidak kamu perlukan. Ujung-ujungnya saat kamu sadar isi di dompetmu sudah ludes.

Coba sibukan dirimu dengan hal lain yang lebih produktif. Atau ganti acara jalan-jalan dengan olahraga di taman. Percayalah sebenarnya terlalu banyak aktifitas lain yang lebih hemat dan menyenangkan.


Tips Berhemat Untuk Pelajar Part 4

Tips Berhemat Untuk Pelajar Part 6


Have your say