Suara Ayah Lebih Ramah di Telinga Anak

Suara Ayah Lebih Ramah di Telinga Anak

Berdasarkan fakta ilmiah, frekuensi suara laki-laki  dengan perempuan tidaklah sama. Suara perempuan memiliki nada yang lebih tinggi ketimbang nada suara laki-laki yang lebih rendah.

Perbedaan suara ini ternyata bermanfaat bagi pertumbuhan anak terutama Batita. Itulah sebabnya kehadiran ayah sangatlah berarti bagi buah hati dimasa tumbuh kembangnya disamping kasih sayang, didikan serta dukungan materi.

Suara laki-laki yang bernada rendah dipercaya lebih nyaman ditelinga anak ketimbang suara perempuan yang menurut Anne Gracia, praktisi ilmu syaraf terapan, nada suara tinggi wanita sangat tidak ramah bagi pendengaran anak.

Suara dan Keseimbangan Anak

Tak hanya itu, perbedaan nada suara pada ayah dan ibu juga memengaruhi keseimbangan sang anak. Hal ini disebabkan di samping pendengaran, telinga juga berfungsi sebagai alat keseimbangan. Dua jenis nada suara ayah dan ibu dapat dan perlu untuk saling menyeimbangkan.

“Dari dua jenis suara yang dia kenali menjadi sensasi yang berbeda di gendang telinga dan rumah siputnya,” kata Anne mengungkapkan.

Rumah siput yang berperan mengatur keseimbangan menangkap suara yang lebih tinggi di luar dan suara yang lebih rendah di bagian tengah. Rumah siput akan merespons dengan melingkar ketika mendengar suara bernada rendah dan menegang ketika mendengar suara bernada tinggi.

“Kalau rumah siputnya melingkar, berarti dia relaks. Kalau tinggi rumah siputnya membuka dan membuat tegang,” kata Anne menerangkan.

Ketika anak terlalu sering mendengar suara bernada tinggi milik ibu tentunya rumah siputnya akan terus menegang. Suara ayah dibutuhkan untuk membuatnya rileks kembali. Jika tidak pertumbuhan anak pun akan terganggu.

Biasanya, ketidakseimbangan yang dihasilkan dari pengaruh suara ini memengaruhi tingkat keaktifan anak. Anak yang tidak mendapatkan keseimbangan pendengaran saat kecil cenderung akan hiperaktif.

“Anak aktif jangan dikerangkeng. Mereka punya gangguan di organ keseimbangan. Untuk menolong mereka mengoreksi organ keseimbangan, beri pijatan di daerah wajah dan telinga,” ujar Anne.


Nana-lesprivat bigbang
sumber: CNN Indonesia

 


Have your say