Sarjana S1 atau Diploma D1, D2, D3

SarjanaDiploma-01

Panduan Memilih Sarjana (S1) atau Diploma (D1, D2, D3, D4)

Kamu Masih Bingung Menentukan Mau Memilih Program Sarjana atau Diploma ?

Disini akan sedikit dijelaskan mengenai Program Sarjana dan Diploma.

Agar kamu tidak bingung dan ragu lagi.

Sarjana

Sarjana atau Bachelor’s degree dalam bahasa inggris adalah sebuah Gelar Akademik yang diberikan kepada lulusan program pendidikan Strata Satu ( S1 )/ Undergraduate. Fokus Program Sarjana adalah mempersiapkan individu yang memili kemampuan untuk merencanakan, mengorganisasikan, menganalisis, mengevaluasi, mengatasi dan mengambil keputusan serta menemukan solusi dan inovasi.

Jenis Gelar

Contoh gelar yang didapat melalui program sarjana strata satu antara lain S.H. ( Sarjana Hukum ); S.T. ( Sarjana Teknik ); S.I.P ( Sarjana Ilmu Politik ); S.Ked. ( Sarjana Kedokteran ); S.Ds ( Sarjana Desain ) dan masih banyak lagi.

Studi dan Mata Kuliah

Program sarjana menawarkan studi yang menitik beratkan aspek teori dan analitis ( 60% teori dan 40% praktik ). Program Sarjana umumnya menempuh studi selama 4-6 tahun, atau sekitar 144-160 SKS ( Satuan Kredit Semester ). Namun tidak jarang ada yang dapat menyelesaikan progran sarjana dalam waktu 3,5 tahun. Lama masa kuliah di program sarjana fleksibel, bergantung pada terpenuhinya target SKS.

Program Sarjana sering mewajibkan peserta studi untuk menempuh sampai setengah dari total SKS keseluruhan untuk mengambil kelas pendidikan umum. Beberapa kelas yang harus diambil mencakup filsafat, sejarah, bahasa inggris, matematika, seni dan sebagainya. Kelas wajib ini biasa disebut Mata Kuliah Wajib.

Mata Kuliah lain yang harus diambil adalah mata kuliah jurusan yang sesuai dengan program studi yang diambil. Sisanya untuk memenuhi target SKS yang belum penuh adalah mata kuliah pilihan. Mata kuliah pilihan memperbolehkan masing-masing mahasiswa untuk mengeksplorasi tema-tema yang sesuai dengan minat atau yang bagi mereka menarik, untuk memberikan perspektif baru untuk mendukung studi mereka.

Untuk lulus program sarjana strata satu, mahasiswa diwajibkan menyelesaikan karya ilmiah yang disebut Skripsi.

Diploma

Diploma atau Associate’s Degree, adalah Akta atau Sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan tinggi seperti Institut dan Universitas, yang menerangkan bahwa seseorang telah menyelesaikan program studi tertentu, serta menganugerahkan sebuah gelar akademik. Program Diploma/ Vokasi bertujuan mempersiapkan individu yang handal, memiliki keterampilan dan kualitas kerja ( teknis dan praktis ) yang baik ditambah aspek analisis dasar yang mumpuni.

Jenis Gelar

Gelar untuk program Diploma Satu ( D1 ) adalah A.P. ( Ahli Pratama ). Contoh A.P.Kom ( Ahli Pratama Komputer )

Gelar untuk program Diploma Dua ( D2 ) adalah A.Ma. ( Ahli Muda ). Contoh A.Ma.Pd ( Ahli Muda Pendidikan )

Gelar untuk program Diploma Tiga ( D3 ) adalah A .Md. ( Ahli Madya ). Contoh A.Md.Keb ( Ahli Madya Kebidanan )

Studi

Program Diploma menawarkan studi yang menitik beratkan aspek aplikatif ( 60% praktik 40% teori ). Menitik beratkan pada pelatihan keterampilan tertentu dan atau mempersiapkan mahasiswa untuk melanjutkan ke Program Sarjana

Program Diploma Satu diwajibkan menempuh masa kuliah 2 semester  dan menyelesaikan sekitar 32 SKS. Program Diploma Dua diwajibkan menempuh masa kuliah 4 semester dan menyelesaikan sekitar 64 SKS. Dan untuk Program Diploma Tiga diwajibkan menempuh masa kuliah 6 semester dan menyelesaikan sekitar 112 SKS. Kebanyakan program diploma sudah menjadwalkan dan menargetkan masa studi.

Program di tingkat gelar Diploma sama dengan yang di tingkat gelar sarjana. Termasuk studi di bidang-bidang seperti seni dan desain, bisnis, komunikasi, animasi digital, kesehatan gigi, seni kuliner, perbaikan otomotif, elektronik, pekerjaan sosial dan teknologi informasi kesehatan.



2 comments

  1. ADI DARMA SURYA - July 2, 2017 11:20 pm

    Kalau D2 Perhotelan Gelar Akademik nya Apa Ya???

    Reply

Have your say

6 + 8 =