Cara Menjaga Diri Termotivasi #5

BW-07225-AMot-Menjaga-Diri-Termotivasi-5-

Cara Menjaga Diri Tetap Termotivasi | Bagian 5

There is only one corner of the universe you can be certain of improving, and that’s your own self.

— Aldous Huxley

1. Pilih motivasi positif

Kalau kamu menjadikan suatu hal sebagai motivasi ( misal “ aku harus balas budi pada orang tua “ ), pastikan motivasi yang kamu pilih itu bernuansa positif. Motivasi positif akan selalu mengakar pada pelayanan baik pada diri sendiri maupun orang lain. Berbeda dengan motivasi negatif yang mengakar pada ketakutan, kebencian, amarah dan landasan negatif lainnya. Menskipun cara kerja motivasi negatif dan positif hampir sama. Namun motivasi positif akan jauh lebih bermanfaat buatmu. Dan tentu saja akan efeknya juga akan positif dan lebih besar kemungkinan untuk bertahan lebih lama.

2. Pertegas misimu

Kamu harus punya misi pribadi. Kalau belum ayo lekas ditentukan. Dengan mempunyai misi yang pasti dan jelas pasti bisa menjadi motivator yang luar biasa. Kamu seakan sedang melihat peta dan tahu kemana harus pergi dan jalan mana yang bisa dan terbaik untuk kamu lalui.

3. Habiskan waktu di luar

Kalau kamu punya hobi atau kegiatan yang kreatif tentu jauh lebih baik. Kamu bisa merawat tanaman di halaman belakang, membuat mural, bersepeda dan lain-lain. Bahkan kalau kamu tidak punya, sekedar bersantai di halaman depan juga cukup baik. Saat kamu kembali ke kamar, ruang belajar atau ruang kerjamu pasti akan terasa lebih segar. Dan kesegaran bisa jadi motivasi yang bagus.

4. Jangan mengincar kesempurnaan

Smengincar kesempurnaan hanya akan menguras waktumu. Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Kesempurnaan hanya berarti jalan buntu. Percaya bahwa kamu bisa terus memperbaiki diri akan jauh lebih baik daripada berusaha menjadi sempurna. Dengan begitu kamu akan selalu meninggalkan ruang untuk berkembang esok hari. Dan berarti kamu punya alasan untuk berbuat lebih. Alasan untuk berbuat lebih bukannya yang sering disebut sebagai motivasi kan?

5. Kerjakan satu hal dalam satu waktu

Multitasking hanya mitos. Bahkan komputer tidak benar-benar mulitasking, setidaknya itu yang kita rasakan ( komputer ibarat satu jalur yang dilewati beberapa truk untuk mengangkut barang, bukan satu truk mengangkut semua barang ). Mengerjakan beberapa tugas dalam satu waktu akan selalu menimbulkan konflik internal. Yang nantinya kamu hanya dibebani untuk menyelasaikan konflik itu bukan menyelesaikan tugas. Pernah komputer atau smartphone-mu ( yang katanya multitasking ) tiba-tiba auto-restrart ? Nah itu yang akan kamu alami jika mengalami konflik internal ( bentrok antar tugas ), kamu akan mengulang nya dari awal ( kalo kamu lupa nge-save ).


Cara Menjaga Diri Tetap Termotivasi | Bagian 4

Cara Menjaga Diri Tetap Termotivasi | Bagian 6



1 comment

  1. Nichealeia - March 1, 2016 7:48 pm

    Yang harus memotivasi kita adalah diri kita sendiri sebetulnya..

    Reply

Have your say

2 + 8 =