Memahami TOEFL

Apa  Itu TOEFL?

Ada berbagai macam tes untuk mengukur kemampuan berbahasa, sebut saja TOEFL, TOEP, dan IETS untuk mengukur kemampuan berbahas inggris, Noryokushiken (Bahasa Jepang), DELF ( Bahasa Perancis) dan masih banyak tes kemampuan bahasa asing lainnya. Semuanya dimaksudkan untuk mengukur dan menilai kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa yang di ujikan.

Syarat mampu menguasai bahasa asing biasanya diujikan untuk berbagai keperluan formal seperti melamar pekerjaan masuk perguruan tinggi terutama kemampuan bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Diantara beberapa tes kemampuan bahasa Inggris Test of English as a Foreign Language atau TOEFL adalah yang sering digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggis seseorang.

TOEFL untuk apa?

TOEFL dimaksudkan untuk menentukan kemampuan berbicara, membaca, memahami, dan menulis seseorang untuk mengikuti perkuliahan yang berbasis bahasa Inggris. Pertanyaan-pertanyaan, bahan bacaan, dan bahan mendengarkan, semuanya dirancang untuk masuk ke tingkat perguruan tinggi.

Struktur TOEFL

Sistem pendftaran TOEFL, biasanya dapat diambil secara online atau secara langsung di tempat yang telah ditentukan. Jika diambil secara online, pendaftar memiliki waktu empat jam untuk menyelesaikan tes membaca, mendengar, menulis, dan berbicara. Setiap tes memiliki batas waktu sendiri. Tes secara langsung serupa strukturnya dengan tes online, tetapi memiliki lebih banyak pada ujian tes tertulisnya dibandingkan dengan tes berbahasa. Keduanya serupa, hanya formatnya yang berbeda.

Versi internet, TOEFL memiliki skor tertinggi 120 dan terendah 0. Sedangkan versi tercetak (secara langsung) berkisar antara skor 310 dan 577 dengan poin berbeda tiap bagian, tetapi tidak termasuk bagian menulis pada nilai akhir.

Standar Umum

Untuk mendaftar program sarjana, universitas di dunia umumnya mensyaratkan skor TOEFL iBT 79-80 atau sama dengan skor 550 paper based TOEFL. Sedangkan untuk program pasca sarjana (S2 dan S3), skor yang dibutuhkan mencapai 110-115 atau setara dengan 600-650 skor based paper TOEFL.

 

 


Have your say