Kuliah Jurusan Ilmu Filsafat

000003_kuliah_jurusan_filsafat

Kuliah Jurusan Ilmu Filsafat

Jurusan Ilmu Filsafat

Filsafat merupakan studi konseptual tentang fenomena dan permasalahan kehidupan untuk diformulasikan dalam sistem pengetahuan yang fundamental. Yang muaranya demi kepentingan hidup manusia dan lingkungannya.

Persoalan umum yang dipelajari dalam filsafat adalah persoalan tentang “ada” dalam realitas yang terkonsep dalam aliran-aliran pemikiran seperti, skeptisisme, eksistensialisme, realisme, dan persoalan historiositas manusia pada umumnya. Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi cenderung dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu. Akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses dialektika.

Sederhananya ilmu filsafat adalah ibu dari segala ilmu. Ilmu filsafat mempelajari cara berpikir. Mempertanyakan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia dan menjawab dengan aturan-aturan berpikir seperti logika.

Yang dipelajari di jurusan ilmu filsafat

Yang jelas di jurusan ilmu filsafat ini kamu akan belajar mengenai logika. Logika memang sebuah ilmu yang sama-sama dipelajari dalam matematika dan filsafat. Ini menjadikan filsafat sebuah ilmu yang pada sisi-sisi tertentu berciri eksak di samping nuansa khas filsafat, yaitu spekulasi, keraguan, rasa penasaran dan ketertarikan.

Kamu juga akan mengenal dan memahami jenis-jenis logical fallacy (kesesatan berpikir). Mempelajari gagasan-gagasan para pemikir mulai sejak zaman Yunani, Abad Kegelapan, Renaissance, Modern, hingga saat ini era Post-modern.

Selanjutnya kamu akan menerapkan metode berfikir yang sudah kamu pelajari kedalam berbagai aspek kehidupan manusia. Mulai dari ketuhanan, moral atau etika, politik, bahasa sampai seni dan budaya.

Singkatnya kamu akan belajar mengenai gagasan manusia. Mulai dari sejarah gagasan pemikir masa lampau, menguji validitas sebuah gagasan, sampai mencoba membangun gagasanmu sendiri. Kamu akan belajar bagaimana berfikir secara logis, seimbang, kritis, sistematis, dan komunikatif.

Ilmu fisafat sendiri nantinya akan di bagi ke beberapa cabang berdasar pokok bahasannya yang juga akan kamu pelajari saat kuliah di jurusan ilmu filsafat.

Cabang-cabang ilmu filsafat:

  • Filsafat Ketuhanan.
  • Filsafat Manusia.
  • Filsafat Moral (Etika).
  • Estetika.
  • Filsafat Bahasa.
  • Filsafat Ilmu.
  • Sejarah Filsafat.
  • Filsafat Barat, Timur, Kristen, Islam,dll.
  • Filsafat Seni.
  • dll.

Prospek lulusan jurusan ilmu filsafat

Mengingat di jurusan filsafat kamu akan belajar bagaimana untuk berfikir, mempertanyakan, menanggapi, mengkaji dan mencari solusi isu-isu sosial, kamu akan mendapatkan keluasaan dalam berkarir. Mengapa?

Hampir semua bidang memerlukan pemikiran, analisa dan pemecahan masalah. Dimana hal itu merupakan keahlian utama lulusan jurusan ilmu filsafat.

Meskipun sangat jarang lowongan pekerjaan atau perekrutan anggota yang menyertakan syarat lulusan jurusan ilmu filsafat. Namun sebenarnya begitu banyak perekrutan yang sesuguhnya bisa dan cocok untuk lulusan jurusan ilmu filsafat. Misalnya dalam bidang hukum, politik, pendidikan, jurnalisme, rohaniawan dan masih banyak lagi.

Mengutip dari kompasiana.

I: Kak, kalau boleh tahu.. prospek kerja filsafat itu apa aja yaa?

G: Di jurusan filsafat kita dikasih alat-alat berfikir. Kerja bisa jadi apa aja. Sesuai keinginan dan passion-nya masing-masing. Mau jadi entrepreneur, mau jadi akademisi, mau jadi artis, pialang saham, penulis, PNS, up to you. Mungkin kesannya jadi ketidakjelasan prospek kerja, tapi sesungguhnya adalah kebebasan prospek kerja.

Perguruan Tinggi yang membuka jurusan ilmu filsafat program sarjana ( S1 )

  • Universitas Indonesia.
  • Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (Aqidah dan Filsafat).
  • Universitas Gadjah Mada.
  • Universitas Islam Negeri Alauddin (Filsafat Agama).


Have your say