Ajari Anak Berkemas: 5 Langkah Mudah

Mengajari anak berkemas dengan 5 langkah mudah

1. Persiapakan

Persiapkan tas/ koper yang akan digunakan. Serahkan pada anak agar dia ‘sadar’ akan ukuran/ kapasitas tas miliknya. Jadi dia tidak akan merengek untuk membawa semua mainannya.

Tips:

Jangan biarkan dia benar-benar berkemas sendiri. Biarkan mereka yang mengumpulkan namun Anda yang memasukannya ke dalam tas.

2. Daftar bawaan

Buatkan daftar bawaan. Hal ini supaya memudahkan anak memilih yang akan mereka bawa. Jangan biarkan mengira-ngira atau mengingat tanpa bantuan. Dengan daftar bawaan tentu akan membuat berkemas lebih mudah dan terarah.

3. Diluar tas

Biarkan Anak Anda untuk menaruh barang yang akan dibawa di luar tas. Anak boleh menaruhnya dilantai atau di atas kasur. Yang terpenting pastikan menaruh barang di tempat lapang dan semua barang mudah terlihat. Usahakan juga agar anak menaruhnya serapih mungkin.

Tips:

Saat ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk berkemas sendiri atau melakukan hal lain. Biarkan anak untuk mencoba mandiri melengkapi daftar yang sudah disiapkan.

Buat menyenangkan:

Jika Anda punya dua anak/ lebih. Anda juga bisa membuatnya jadi sebuah lomba berkemas. Siapa yang paling cepat dan paling lengkap. Dijamin berkemas jadi menyenangkan.

4. Periksa

Periksa kelengkapan bawaan Anak Anda. Usahakan Anda yang memasukannya kedalam tas. Tentu saja untuk memastikan apa yang dibawa anak Anda. Sekaligus membuat semua barang dapat masuk dan tetap tertata rapi.

Tips:

Disini Anda harus bijak. Besar kemungkinan anak ingin membawa/ memakai barang favorit mereka. Untuk mengatasi hal itu ada 6 Rahasia membuat anak kooperatif .

5. Beri selamat

Ini dia! hal yang tidak boleh Anda lupakan. Beri dia selamat atau ucapan terima kasih karena sudah berkemas sendiri. Hal ini dapat membuat anak merasa menjadi bagian dari kegiatan. Bukannya hanya diam dan dilayani. Memberi ucapan terima kasih juga membuatnya bangga. Ketika dia bangga dan senang dia akan termotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas lainnya.

Tips:

Sesekali beri dia ucapan terimakasih yang ‘mengejutkan’ . Caranya?

Tidak perlu mahal atau heboh cukup lakukan hal yang jarang Anda lakukan. Misalnya kecup keningnya atau peluk dia. Anda juga bisa menceritakan tentang bagaimana hebatnya anak Anda berkemas di depan dia kepada orang lain. Pasti dia akan tersipu malu dan ke GeEr-an. Tapi akan membuatnya semangat untuk berkemas lagi.

Baca juga 50 cara menunjukan kasih sayang pada anak yang sangat mudah untuk di lakukan.

 

Sudah selesai nih artikelnya. Tolong periksa lagi ya, ada yang terlupa.


Have your say

2 + 6 =