7 Tips Mudah: Anak & Keamanan Online

BW-07231-7-Tips-Mudah-Anak-Keamanan-Online-Main

Photo By : Brad Flickinger via Flikr


Tips Untuk Menjaga Anak di Lingkungan Dunia Maya

Apa yang terjadi di internet tetap di internet, terkesan aman, anonim dan sementara. Namun yang terjadi adalah sebaiknya.

Anda yang lebih tua mungkin sering bicara tentang privasi dan semacamnya namun bagi mereka yang tumbuh bersama hal itu, jauh merasa nyaman dan percaya diri dalam berbagi di sosial media. Dan dibalik kegembiran dan manfaatnya terselip bahaya besar yang mengancam jika tidak hati-hati.

Dibawah ini ada beberapa Tips untuk Anda menjaga Anak di lingkungan dunia maya.

1. Bicarakan

Bicarakan tentang internet. Bahkan mungkin ini bisa jadi pemererat hubungan dan bahan ngobrol yang menyenangkan. Ikuti arus dan cobalah mengerti dunia anak Anda. Hal ini mungkin sedikit sulit, tapi percalah dengan menjadi bagian dari dunianya akan jauh lebih mudah untuk mengawasinya ( tanpa menimbulkan kontradiksi tentunya ).

2. Persempit Ruang Gerak

Letakan komputer di ruang utama. Juga Anda harus mengikuti perkembangan zaman. Termasuk mengerti dan bisa menggunakan apa yang mereka gunakan. Misal anak menggunkan facebook, Anda sebisa mungkin menggunkan facebook juga.

Kalaupun Anda memutuskan untuk memberinya perangkat komunikasi pribadi pastikan Anda mempunyai password-nya. Dan jangan lupa untuk memeriksa riwayat atau hal-hal mencurigakan lainnya. Tentu saja privasi si anak harus tetap Anda hargai. Hal ini untuk tetap menjaga hubungan Anda dan anak.

3. Pura-pura

Pura-puralah Anda tidak tahu cara menseting atau membuat akun jejaring sosial atau perangkat internet lainnya. Lalu minta anak Anda untuk membantu Anda. Ini bisa jadi awal yang baik untuk bicara mengenai sosial media dan internet.

Lalu minta bantuannya untuk menseting privasi akun jejaring sosial Anda. ” Bantuin mama supaya yang bisa melihat profil mama cuma teman-teman mama dong sayang “. Dan setelah itu ajak anak melakukan hal yang sama pada akun miliknya. Dan juga pastikan bicarkan mana yang pantas di posting dan mana yang tidak :).

4. Hindari

Pastikan anak Anda tidak memposting informasi pribadi seperti:  Posisi saat ini ( beberapa aplikasi menawarkan hal ini, padahal hal ini sangat berbahaya ), nomor telepon, alamat, nomor identitas, Rencana Berpergian. Hal seperti ini bisa jadi sangat berbahaya. Mengingat di luar sana banyak orang-orang tidak bertanggung jawab dan siap menyalahgunakan informasi yang Anda posting di internet.

5. Punyaku Punyaku

Pastikan anak Anda menyimpan katasandinya baik-baik. Selalu ingatkan bahwa jangan pernah berbagi katasandi selain pada keluarga.

6. Sosialisasi Keamanan

Beri tahu pada anak Anda apapun yang mereka posting atau tulis tidak semudah menekan tombol untuk menghapusnya. Hal-hal di internet akan tersimpan dalam berbagai bentuk ( misal riwayat Cache komputer orang lain, atau ada yang sempat mendownloadnya ). Jadi pastikan anak Anda berhati-hati.

Juga pastikan anak Anda menggunakan bahasa yang dia mengerti saat online. Jangan sampai dia salah meng-klik link atau tombol.

7. BodyGuard

Beri tahu anak Anda bahwa anda selalu di pihaknya. Dan pastikan dia tahu bahwa Anda siap menerima aduan jika ada hal-hal yang kurang berkenan.

Atau lebih baik lagi jika anda berteman dengan anak Anda di media sosial. Jadi Anda bisa memonitor dan mengawasi dengan lebih baik.

Di era modern ini tugas orang tua semakin berat karena ruang gerak Anak semakin luas. Semoga tips di atas dapat membantu Anda. Oh ya kalau ada yang punya pengalaman menarik atau ada yang tertinggal oleh penulis  tolong kasih tahu lewat komen di bawah yaa. 🙂



Have your say